MAKALAH FI'IL MADHI, MUDHARI' DAN AMR
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Kalimah adalah suatu susunan dari beberapa huruf hijaiyah yang
mempunyai arti/makna, kalimah dibagi menjadi tiga yaitu kalimah isim (kata yang
menujukkan arti suatu benda yang tidak di sertai waktu dan tempat), kalimah
fi’il (kata kerja) dan kalimah huruf
(kata yang tidak mampu berdiri sendiri kecuali jika dirangkai dengan kata yang
lain). Jika kalimah itu di masuki ‘amil maka ada yang akan terjadi suatu
perubahan pada kalimat tersebut,dan pula ada yang tetap.
Dalam bahasa Arab terdapat pula Kalimat Fi’il yaitu kata yang
menunjukkan arti pekerjaan atau peristiwa yang terjadi pada suatu masa atau
waktu tertentu (lampau, sekarang dan yang akan datang).
i’il Madhi itu menunjukkan kata kerja di masa lampau, Fi’il Mudhari’
iitu menunjukkan kata kerja di masa sekarang atau masa yang akan datang,
sedangkan Fi’il Amr itu menunjukkan kata kerja bentuk perintah.
B.
Rumusan Masalah
1. Apa pengertian Fi’il Madhi?
2. Bagaimana Contoh Fi’il Madhi?
3. Apa yang dimaksud Fi’il Mudhari’?
4. Apa saja Contoh-Contoh Fi’il Mudhari’?
5. Apa pengertian Fi’il Amr?
6. Bagimana Cara membuat Fi’il Amr Tsulatsi Mujarrad?
C.
Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui pengertian Fi’il Madhi
2. Agar mengetahui Contoh Fi’il Madhi
3. Untuk mengetahui pengertian Fi’il Mudhari’
4. Dapat mengetahui Contoh-Contoh Fi’il Mudhari’
5. Untuk mengetahui pengertian Fi’il Amr
6. Dapat mengetahui Cara membuat Fi’il Amr Tsulatsi Mujarrad
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Fi’il Madhi
Fi’il madhi adalah setiap kata kerja yang menunjukkan pekerjaan
yang telah terjadi di masa lampau. Dengan kata lain pekerjaan tersebut
telah/sudah dilaksanakan, baik dilaksanakan baru saja, tadi, kemarin, satu
bulan yang lalu, atau satu tahun yang lalu dan seterusnya.
Arti
|
Contoh
Kalimat
|
Saya telah
membaca buku
|
قَرَأْتُ
الْكِتَابَ
|
Anak
laki-laki itu telah bermain bola
|
لَعِبَ الْوَلَدُ الْكُرَّةَ
|
Azizah telah
pergi ke Perpustakaan
|
ذَهَبَتْ عَزِيْزَةُ إِلَى الْمَكْتَبَتِ
|
Nabila dan
Khodijah adalah mahasiswa Universitas itu. Mereka berdua telah belajar bahasa
Arab
|
نَبِيْلَةُ وَخَادِجَةُ طَالِبَتَانِ فِيْ
تِلْكَ الْجَا مٍعَةِ وَهُمَا قَدْ دَرَسَا لُغَةَ الْعَرَ بِيَّةِ
|
Bayi itu
telah mengantuk dikAmrnya
|
نَعَسَ
الطِفْلُ فِي حُجْرَ تِهِ
|
Jika diperhatikan, perubahan fi’il madhi akan terlihat
berbeda diakhirnya sesuai dhamir-nya (kata ganti). Hal ini dapat
digambarkan dalam table berikut:[1]
Arti
|
Fi’il
Madhi
|
Dhamir
|
Dia laki-laki
telah mendengar
|
سَمِعَ
|
هُوَ
|
Dia (2 orang)
laki-laki telah mendengar
|
سَمِعَا
|
هُمَا
|
Dia (jama’)
laki-laki telah mendengar
|
سَمِعُوا
|
هُمْ
|
Dia Perempuan telah mendengar
|
سَمِعَتْ
|
هِيَ
|
Dia (2 orang)
perempuan telah mendengar
|
سَمِعَتَا
|
هُمَا
|
Dia (jama’)
perempuan telah mendengar
|
سَمِعْنَ
|
هُنَّ
|
Kamu
(laki-laki) telah mendengar
|
سَمِعْتَ
|
اَنْتَ
|
Kamu (2 orang
laki-laki) telah mendengar
|
سَمِعْتُمَا
|
اَنْتُمَا
|
Kamu (jama’
laki-laki) telah mendengar
|
سَمِعْتُمْ
|
اَنْتُمْ
|
Kamu
(Perempuan) telah mendengar
|
سَمِعْتِ
|
اَنْتِ
|
Kamu (2 orang
Perempuan) telah mendengar
|
سَمِعْتُمَا
|
اَنْتُمَا
|
Kamu (jama’
perempuan) telah mendenger
|
سَمِعْتُنَّ
|
اَنتُنَّ
|
Saya telah
mendengar
|
سَمِعْتُ
|
اَنَا
|
Kami/ Kita
telah mendengar
|
سَمِعْنَا
|
نَحْنُ
|
B.
Contoh Fi’il Madhi
Telah
Memasak
|
Telah
Mengantuk
|
Telah
Menulis
|
Telah
Mendengar
|
Dhamir
|
شَجُعَ
|
نَعَسَ
|
كَتَبَ
|
سَمِعَ
|
هُوَ
|
شَجُعَا
|
نَعَسَا
|
كَتَبَا
|
سَمِعَا
|
هُمَا
|
شَجُعُوا
|
نَعَسُوا
|
كَتَبُوا
|
سَمِعُوا
|
هُمْ
|
شَجُعَتْ
|
نَعَسَتْ
|
كَتَبَتْ
|
سَمِعَتْ
|
هِيَ
|
شَجُعَتَا
|
نَعَسَتَا
|
كَتَبَتَا
|
سَمِعَتَا
|
هُمَا
|
شَجُعْنَ
|
نَعَسْنَ
|
كَتَبْنَ
|
سَمِعْنَ
|
هُنَّ
|
شَجُعْتَ
|
نَعَسْتَ
|
كَتَبْتَ
|
سَمِعْتَ
|
اَنْتَ
|
شَجُعْتُمَا
|
نَعَسْتُمَا
|
كَتَبْتُمَا
|
سَمِعْتُمَا
|
اَنْتُمَا
|
شَجُعْتُمْ
|
نَعَسْتُمْ
|
كَتَبْتُمْ
|
سَمِعْتُمْ
|
اَنْتُمْ
|
شَجُعْتِ
|
نَعَسْتِ
|
كَتَبْتِ
|
سَمِعْتِ
|
اَنْتِ
|
شَجُعْتُمَا
|
نَعَسْتُمَا
|
كَتَبْتُمَا
|
سَمِعْتُمَا
|
اَنْتُمَا
|
شَجُعْتُنَّ
|
نَعَسْتُنَّ
|
كَتَبْتُنَّ
|
سَمِعْتُنَّ
|
اَنْتُنَّ
|
شَجُعْتُ
|
نَعَسْتُ
|
كَتَبْتُ
|
سَمِعْتُ
|
اَنَا
|
شَجُعْنَا
|
نَعَسْنَا
|
كَتَبْنَا
|
سَمِعْنَا
|
نَحْنُ
|
C.
Fi’il Mudhari’
Fi’il Mudhari’ adalah setiap
kata kerja yang menunjukkan pekerjaan yang sedang atau akan terjadi. Dengan
kata lain pekerjaan tersebut sedang dilaksanakan atau akan dilaksanakan.
Arti
|
Contoh
Kalimat
|
Saya sedang/ akan membaca buku
|
اَقْرَأُ
الْكِتَبَ
|
Anak laki-laki itu sedang/ akan bermain bola
|
يَلْعَبُ الْوَالَدُ الكُرَّةَ
|
Azizah sedang/ akan pergi ke Perpustakaan
|
تَذْهَبُ عَزِيْزَةُ إِلَىَ الْمَكْتَبَةِ
|
Nabila dan Khodijah sedang/ akan belajar bahasa Arab
|
نَبِيْلَةُ وَخَادِجَةُ طَالِبَتَانِ فِيْ
تِلْكَ الْجَمِعَةِ وَهُمَا تَدْرُسَانِ لُغَةَ الْعَرَبِيَّةِ
|
Bayi itu sedang/ akan mengantuk di kAmrnya
|
يَنْعَسُ
الطِفْلُ فِي حُجْرَتِهِ
|
Jika diperhatikan, perubahan Fi’il Mudhari’ akan terlihat berbeda-beda
di akhir kata sesuai dhamir-nya (kata ganti). Perubahan pada fi’il
mudhari’ akan terlihat pada huruf mudhara’ah yang digunakan di awal
dan akhir fi’il nya. Adapun huruf mudhara’ah adalah 4 huruf hijaiyyah
yang berbeda dalam fi’il mudhari’, huruf tersebut adalah ن dan ا,
ي, ت.[2]
Arti
|
Fi’il
Madhi
|
Dhamir
|
Dia laki-laki
sedang/ akan mendengar
|
يَسْمَعُ
|
هُوَ
|
Dia (2 orang)
laki-laki sedang/ akan mendengar
|
يَسْمَعَانِ
|
هُمَا
|
Dia (jama’)
laki-laki/ akan mendengar
|
يَسْمَعُوْنَ
|
هُمْ
|
Dia Perempuan sedang/ akan mendengar
|
تَسْمَعُ
|
هِيَ
|
Dia (2 orang)
Perempuan sedang/ akan mendengar
|
تَسْمَعَانِ
|
هُمَا
|
Dia (jama’)
Perempuan sedang/ akan mendengar
|
يَسْمَعْنَ
|
هُنَّ
|
Kamu
(laki-laki) sedang/ akan mendengar
|
تَسْمَعُ
|
اَنْتَ
|
Kamu (2 orang
laki-laki) sedang/ akan mendengar
|
تَسْمَعَانِ
|
اَنْتُمَا
|
Kamu (jama’
laki-laki) sedang/ akan mendengar
|
تَسْمَعُوْنَ
|
اَنْتُمْ
|
Kamu
(perempuan) sedang/ akan mendengar
|
تَسْمَعِيْنَ
|
اَنْتِ
|
Kamu (2 orang
Perempuan) sedang/ akan mendengar
|
تَسْمَعَانِ
|
اَنْتُمَا
|
Kamu (jama’
perempuan) sedang/ akan mendenger
|
تَسْمَعْنَ
|
اَنتُنَّ
|
Saya sedang/
akan mendengar
|
اَسْمَعُ
|
اَنَا
|
Kami/ Kita sedang/
akan mendengar
|
نَسْمَعُ
|
نَحْنُ
|
D.
Contoh-contoh Fi’il Mudhari’
Sedang/
akan Memasak
|
Sedang/
akan duduk
|
Sedang/
akan Menulis
|
Sedang/
akan mendengar
|
Dhamir
|
يَطْبَخَ
|
يَجْلِسُ
|
يَكْتُبُ
|
يَسْمَعُ
|
هُوَ
|
يَطْبَخَانِ
|
يَجْلِسَانِ
|
يَكْتُبَانِ
|
يَسْمَعَانِ
|
هُمَا
|
يَطْبَخُونَ
|
يَجْلِسُونَ
|
يَكْتُبُوْنَ
|
يَسْمَعُوْنَ
|
هُمْ
|
تَطْبَخُ
|
تَجْلِسُ
|
تَكْتُبُ
|
تَسْمَعُ
|
هِيَ
|
تَطْبَخَانِ
|
تَجْلِسَانِ
|
تَكْتُبَانِ
|
تَسْمَعَانِ
|
هُمَا
|
يَطْبَخْنَ
|
تَجْلِسْنَ
|
يَكْتُبْنَ
|
يَسْمَعْنَ
|
هُنَّ
|
تَطْبَخُ
|
تَجْلِسُ
|
تَكْتُبُ
|
تَسْمَعُ
|
اَنْتَ
|
تَطْبَخَانِ
|
تَجْلِسَانِ
|
تَكْتُبَانِ
|
تَسْمَعَانِ
|
اَنْتُمَا
|
تَطْبَخُونَ
|
تَجْلِسُونَ
|
تَكْتُبُوْنَ
|
تَسْمَعُوْنَ
|
اَنْتُمْ
|
تَطْبَخِيْنَ
|
تَجْلِسِيْنَ
|
تَكْتُبِيْنَ
|
تَسْمَعيْنَ
|
اَنْتِ
|
تَطْبَخَانَ
|
تَجْلِسَانِ
|
تَكْتُبَانِ
|
تَسْمَعَانِ
|
اَنْتُمَا
|
تَطْبَخْنَ
|
تَجْلِسْنَ
|
تَكْتُبْنَ
|
تَسْمَعْنَ
|
اَنْتُنَّ
|
اَطْبَخُ
|
اَجْلِسُ
|
اَكْتُبُ
|
اَسْمَعُ
|
اَنَا
|
نَطْبَخُ
|
نَجْلِسُ
|
نَكْتُبُ
|
نَسْمَعُ
|
نَحْنُ
|
E.
Fi’il Amr
Fi’il amr atau kata kerja
perintah yang berisi pekerjaan yang dikehendaki oleh mutakallim (pembicara)
sebagai orang yang memerintahkan agar dilakukan oleh mukhatab (lawan
bicara) sebagai orang yang diperintah.
Perlu diingat bahwa yang menjadi fa’il (Pelaku) dari fi’il
amr adalah dhamir mukhatab (lawan bicara) atau “orang kedua” sebagai
orang yang diperintah untuk melakkukan pekerjaan tersebut. Dhamir mukhatab tersebut
adalah: اَنْتَ, اَنْتُمْ, اَنْتُمَا,
اَنْتِ, اَنْتَ
Arti
|
Contoh
Kalimat
|
Pergilah (kamu laki-laki) ke masjid!
|
اِذْهَبْ
اِلَى الْمَسْجِدِ
|
Beramal lah (kalian) untuk akhirat kalian!
|
اِعْمَلَا لِأَخِرَتِكُمَا
|
Sayangilah (kamu perempuan) ibumu!
|
أَخِبِّي أُمِّكَ
|
Bacalah (kalian laki-laki) buku ini!
|
اِقْرَئُوا هَذَا الْكِتَابَ
|
Duduklah (Kamu laki-laki) wahai saudaraku!
|
اِجْلِسْ
يَاأَخِيْ
|
F.
Cara membuat Fi’il Amr Tsulatsi Mujarrad
Cara membuat fi’il amr bagi fi’il yang asli tiga
huruf ialah berpedoman kepada fi’il mudhari’-nya dengan ketetuan sebagai
berikut:[3]
1.
Huruf
ya (ي) mudhara’ah yang terletak di awal fi’il diganti
dengan alif (أ). Adapun harakat (tanda baca alif ini memiliki
beberapa ketentuan: 1) apabila huruf kedua terakhir fi’il ber-harakat
dhammah, maka alif ber-harakat dhammah, dan 2) apabila huruf kedua
terakhir fi’il ber-harakat kasrah dan fathah, maka alif
ber-harakat kasarah.
Contoh:
Fi’il
Amr
|
Fi’il
Mudhari’
|
Fi’il
Madhi
|
اُكْتُبْ
|
يَكْتُبُ
|
كَتَبَ
|
اِجْلِسْ
|
يَجْلِسُ
|
جَلَسَ
|
اِذْهَبْ
|
يَذْهَبُ
|
ذَهَبَ
|
2.
Apabila
setelah huruf ya’ (ي) mudhara’ah adalah huruf hijaiyyah yang ber-harakat
baik kasrah, fathah atau dhammah, untuk merubahnya menjadi fi’il
amr huruf ya’ dihapus tanpa diganti dengan alif, serta huruf ‘illat
(أ
– و - ي) yang ada pada fi’il mudhari’ juga dihapus.
Contoh:
Fi’il
Amr
|
Fi’il
Mudhari’
|
Fi’il
Madhi
|
قُلْ
|
يَقُوْلُ
|
قَالَ
|
نَمْ
|
يَنَامُ
|
نَامَ
|
3.
Apabila
setelah dibuang ya Mudhara’ahnya huruf pertamanya merupakan hamzah yang
berharokat sukun, maka dapat mengikuti cara pertama atau mengikuti cara kedua
dengan menghilangkan hamzah yang berharokat sukun.
Contoh:
Fi’il
Amr
|
Fi’il
Mudhari’
|
Fi’il
Madhi
|
كُلْ
|
يَأْكُلُ
|
أَكُوْلُ
|
أُأْمُرْ
/ مُرْ
|
يَأْمُرُ
|
أَمَرَ
|
Perhatikan contoh-contoh dengan seksama:
Fi’il
Amr
|
Fi’il
Mudhari’
|
Fi’il
Madhi
|
Dhamir
|
-
|
يَكْتُبُ
|
كَتَبَ
|
هُوَ
|
-
|
يَكْتُبَانِ
|
كَتَبَا
|
هُمَا
|
-
|
يَكْتُبُوْنَ
|
كَتَبُوْا
|
هُمْ
|
-
|
تَكْتُبُ
|
كَتَبَتْ
|
هِيَ
|
-
|
تَكْتُبَانِ
|
كَتَبَتَا
|
هُمَا
|
-
|
يَكْتُبْنَ
|
كَتَبْنَ
|
هُنَّ
|
اَكْتُبْ
|
تَكْتُبُ
|
كَتَبْتَ
|
اَنْتَ
|
اُكْتُبَا
|
تَكْتُبَانِ
|
كَتَبْتُمَا
|
اَنْتُمَا
|
اُكْتُبُوا
|
تَكْتُبُوْنَ
|
كَتَبْتُمْ
|
اَنْتُمْ
|
اُكْتُبِيْ
|
تَكْتُبِيْنَ
|
كَتَبْتِ
|
اَنْتِ
|
اُكْتُبَا
|
تَكْتُبَانِ
|
كَتَبْتُمَا
|
اَنْتُمَا
|
اُكْتُبْنَ
|
تَكْتُبْنَ
|
كَتَبْتُنَّ
|
اَنْتُنَّ
|
-
|
اَكْتُبُ
|
كَتَبْتُ
|
اَنَا
|
-
|
نَكْتُبُ
|
كَتَبْنَا
|
نَحْنُ
|
Berdasarkan contoh diatas dapat
dipahami bahwa ketentuan-ketentuan berikut:
1.
Fi’il
amr ber-dhamir اَنْتَ huruf akhir fi’il
di-harakt-i dengan sukun (ْ).
2.
Fi’il
amr ber-dhamir اَنْتِ huruf akhir fi’il
di-harakat-i dengan kasrah dan ditambahi huruf ya’ sukun (يْ).
3.
Fi’il
amr ber-dhamir اَنْتُمَا huruf
akhir fi’il di-harakat-i dengan fathah dan ditambahi
dengan alif (ا).
4.
Fi’il
amr ber-dhamir اَنْتُمْ huruf akhir fi’il di-harakat-i dengan dhammah dan
ditambahi dengan waw sukun (وْ).
5.
Fi’il
amr ber-dhamir اَنْتُنَّ huruf akhir fi’il di-harakat-i dengan sukun dan
ditambahi huruf nun ber-harakat fathah (نَ).[4]
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1. Fi’il madhi adalah setiap kata kerja yang menunjukkan pekerjaan
yang telah terjadi di masa lampau.
2. Fi’il Mudhari’ adalah setiap kata kerja yang menunjukkan pekerjaan yang sedang
atau akan terjadi.
3.
Fi’il
amr atau kata kerja perintah yang berisi pekerjaan yang dikehendaki
oleh mutakallim (pembicara) sebagai orang yang memerintahkan agar
dilakukan oleh mukhatab (lawan bicara) sebagai orang yang diperintah.
B.
Saran
Berdasarkan
pembahasan diatas kita dapat mengetahui kata ganti kepemilikan atau macam-macam
fi’il. Kita sebagai mahasiswa diharapkan agar dapat dan mampu memahami apa
pengertian, dan masing-masing kata kerja (fa’il) tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Nawang Wulandari, Belajar Bahasa Arab Asyik dan Menyenangkan 2, (Metro:
CV. Laduni Alifatama, 2018), Cetakan Kedua
[1] Nawang
Wulandari, Belajar Bahasa Arab Asyik dan Menyenangkan 2, (Metro: CV.
Laduni Alifatama, 2018), Cetakan Kedua, hal. 9
[2] Nawang
Wulandari, Belajar Bahasa Arab Asyik dan Menyenangkan 2,hal. 15
[3] Ibid.,hal.
21
[4] Ibid., hal.
26
keren semoga barokah... aamiin
BalasHapus